Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Bengkulu

Jl. Musium No. 6 Telp. (0736) 346373 Kota Bengkulu

Selasa, 11 Desember 2018

  (0736) 346373

Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Kota Bengkulu Tahun 2018 Berlangsung Meriah

  • Jumat, 19 Oktober 2018
  • Berita Dinas
  • Oleh Penulis
  • dilihat : 34 kali

BENGKULU,16 Oktober 2018

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Bengkulu bersama TNI, mengadakan kegiatan TNI manunggal KB Kesehatan (TMKK) Tingkat Kota Bengkulu yang dilaksanakan pada hari selasa 16 Oktober 2018 bertempat kelurahan Sidomulyo Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.

Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan merupakan salah satu program kegiatan pada DP3AP2KB Kota Bengkulu yang bekerjasama dengan TNI. Melalui Bhakti TNI Manunggal KB Kesehatan ini diharapkan dapat membantu keberhasilan program Keluarga Berencana serta semakin meningkatkan mutu pelayanan dan mempercepat proses Operasional Pelayanan Revitalisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kota Bengkulu .

Acara dihadiri oleh perwakilan dari OPD Kota Bengkulu, Polresta Kota Bengkulu, Kejaksaan Negeri, Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Direktur RSUD Kota Bengkulu, segenap pengurus cabang Ikatan Bidan Indonesia (PC IBI) Kota Bengkulu, ibu-ibu Persit Kartika chandra, PKK/Dharma Wanita Kota Bengkulu, perwakilan  dari Kantor Kecamatan se Kota Bengkulu, Lurah, PKB/PLKB se Kota Bengkulu dan Tokoh Masyarakat, para Kader Sub KB/Pos KB serta masyarakat sekitar yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Sosial Bapak Ir. H. Fachriza MM, yang dalam sambutan beliau menyatakan “kegiatan TNI manunggal KB Kesehatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap penurunan angka kelahiran dan menekan kematian ibu melahirkan, menurunkan angka drop out KB, unmet need (kebutuhan kontrasepsi yang tidak terpenuhi)  terutama bagi masyarakat pra sejahtera yang masih sangat memerlukan uluran tangan kita semua”. Selanjutnya “ Program TNI Manunggal KB merupakan suatu program yang tidak terpisahkan dengan pembinaan kesehatan, keduanya saling terkait serta merupakan inti dari membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera”. Diakhir sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat kota bengkulu , tokoh masyarakat , tokoh adat, cerdik cendikiawan serta lintas sektor melalui kemitraan TNI atas kerjasamanya guna memberikan kontribusi terhadap pencapaian keberhasilan KB di daerah ini Dua Anak Cukup Ciptakan SDM Berkualitas “imbuhnya.

Pada kesempatan ini perwakilan dari TNI yang dalam hal ini diwakili oleh Mayor Inf.Sapto Ari Prabowo (Kasdim 0407/Bkl) dalam sambutannya menyatakan” kegiatan TNI manunggal KB Kesehatan ini merupakan kegiatan komprehenship dan terpadu sebagai salah satu ajang untuk memberikan inspirasi dan menggerakkan masyarakat  agar bersama-sama membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Untuk itu mari kita manfaatkan program Kependudukan dan Keluarga Berencana supaya kita bisa membangun masyarakat Kota Bengkulu menjadi lebih baik dimasa mendatang".

Sementara itu, ditemui disela-sela acara Kepala DP3AP2KB Dra. Rosmidar menjelaskan ‘bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program KB Nasional melalui keterpaduan TNI, KB, Kesehatan dan masyarakat. Adapun pencapaian akseptor baru sampai dengan bulan Agustus 2018 sebanyak 3711 akseptor, masih terbilang rendah, hal inilah yang menjadi PR bagi kita semua terutama PKB/PLKB di Kota Bengkulu bagaimana caranya atau upaya apa yang harus dilakukan agar target akseptor KB baru dapat dicapai dan juga dalam kesempatan ini beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah banyak membantu berkontribusi sehingga pelaksanaan TMKK Tingkat Kota Bengkulu tahun 2018 bisa berjalan seperti yang diharapkan’ ujarnya.

Adapun pokok-pokok kegiatan pada acara ini yaitu pelayanan KB Gratis, yang dilakukan tenaga medis (bidan) dari Puskesmas Sidomulyo di koordinir oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Bengkulu, dan pengobatan gratis bagi masyarakat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan UPTD Farmasi Kota Bengkulu. serta juga diikuti dengan gelar dagang oleh pengiat home industri/ kelompok UPPKS yang ada di Kota Bengkulu.

Acara berlangsung sukses, ini dilihat dari “antusiasme masyarakat dalam mengikuti acara, untuk jumlah pelayanan KB gratis berjumlah 15 orang akseptor KB dengan rincian Akseptor Impant 10 orang , suntik 1 orang dan IUD/spiral dan kondom masing-masing 2 orang. Sedangkan untuk pengobatan gratis total jumlah pasien yang dilayani 53 orang” menurut ibu Ratnawati, S.Sos (plt. Kabid Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB Kota Bengkulu) sebagai panitia kegiatan ini. Sekali lagi selamat kepada DP3AP2KB Kota Bengkulu khususnya seluruh panitia kegiatan yang telah sukses melaksanakan kegiatan TMKK tahun ini. (red.cf/ck)

 

 

 

 

 

Berita Lain